Tuesday, April 16, 2013

Tambang Emas Liar di Solok - Negara Gawat...!!!!

serius mode: on

Saya baru "ngeh" tadi malam setelah nonton ILC tadi malam di TVone. Ternyata kekayaan emas yang baru2 ini ditemukan di Solok sumatra barat, sedang di curi besar-besaran oleh "organized crime". Bupati solok mengatakan bahwa terjadi Ilegal mining menggunakan alat2 keruk besar (excavator, dump truk, kapal tongkang dll jumlahnya sudah ratusan bahkan ribuan), yang terindikasi dibekingi oleh oknum aparat sendiri. Berdasar survei dan perkiraan si bupati, Organized crime ilegal mining ini memiliki Potensi keurgian triliunan rupiah setiap harinya. Dan telah berlangsung sekitar dua tahun sehingga total kerugian sudah mencapai puluhan bahkan mungkin ratusan triliun rupiah....!!!!!!!!!!! (tak ada satupun yg masuk ke kas Negara). Belum lagi potensi kerugian negara karena perusakan hutan dan pencemaran lingkungan.

Saya harap rekan2 semua aware terhadap isu ini. Karena saya search isu ini di google belum masuk media online mainstream. Serta TV nasional pun belum memberitakan hal ini dengan serius. Media2 kita lebih seneng memberitakan isu2 gak penting kayak Eyang subur, SBY twitteran dll. Padahal ada isu sangat besar dan gawat yang melanda negeri ini.

Semoga pemerintah bisa tanggap terhadap isu ini. Kalau perlu ,langsung terjunkan Kopasus utk operasi dan patrol khusus membrantas Premanisme Orginzed Crime Ilegal Mining ini. Level polsek, polres dan satpol PP sudah gak bisa nangani. Karena bukan tak mungkin bahwa illegal mining ini dibeckingi oleh oknum2 bersenjata tajam dan senjata api. Ini sudah levelnya kopasus, langsung dor brondong ditempat, langsung semua kabur gak ada yang berani nambang liar lagi.

Selain dari aparat penengak hukum dan keamanan. Segera kementrian ESDM, kementrian lingkungan hidup langsung terjun ke lokasi. Ilegal mining ini sudah menimbulkan banyak kerusakan hutan serta pencemaran raksa utk ekstraksi emas dimana-mana. Serta nantinya agar mining ini dikelola oleh BUMN semacam Antam. Agar keuntungan bisa lebih maksimal utk masyarakat Indonesia.

Kasus ini membuktikan bahwa bila kekayaan sumber daya alam tidak dijaga dan dikelola dengan baik, masyarakat sekitar tidak akan merasakan berkahnya. Karena saat ini Pendapatan Asli daerah solok pun masih sedikit. Masyarakat malah hanya mendapat banyak porsi kerugian berupa pencemaran lingkungan.

Segera bergerak bersama dan kuasasi kembali kekayaan alam di Solok dari illegal mining. Stop kebiasaan pemberitaan yang terlalu “over” kepada hal2 sepele seperti eyang subur dan sby twitteran.

7 comments:

  1. Mas weko apa kabar ? .. justru level kelas berat inilah dibekingi jendral jendral TN*

    ReplyDelete
  2. Ilegal Mining / Tambang Liar tsb terjadi Bukan di Kab. Solok, akan tetapi di Kabupaten Solok Selatan :)

    ReplyDelete
  3. Penambangan liar terjadi di mana2, kalau di Ciheras, Cipatujah itu pasir besi yang seharusnya bervalue tinggi akhirnya diekspor seperti itu saja ke Cina tanpa diolah terlebih dahulu

    ReplyDelete
  4. Onde mande, setelah pmberitaan ini diekspos dalam acara ILC TV ONE.... hingga saat ini memang blom ada Media TV Nasional... memberitakan nya.... Mengapa? Kenapa? Ada Apa?......

    ReplyDelete
  5. onde mandey tuesday pak.. emang makin gawat nih negara -___-

    ReplyDelete

Please feel free to leave your comment. Do not include violence, adult content, spam message, racism in the comment. The comments will be soon published after the author of this blog makes the moderation. Thank you in advance for visiting this blog. Best regards from the author.