Saturday, December 27, 2008

Vacation in Paris

Inilah cerita pengalamanku jalan-jalan di Paris. Ceritanya sih mau lapor ke KBRI di Paris, bahwa kami (saya, della dan agi) adalah pelajar Indonesia yang sedang studi di Rennes Prancis. Selain lapor, dimanfaatkan saja sebagai kesempatan jalan-jalan. Kami bertiga berangkat jumat pagi menggunakan TGV ke Paris. Perjalannannya memakan waktu kira-kira 2 jam. Kami turun di Gare Montparnasse - Paris, kemudian membeli one day ticket untuk public transport di Paris. Sesampainya di KBRI, ternyata oh ternyata, KBRI sedang libur Lebaran. Kami pikir KBRI akan libur lebaran hanya pada hari Rabu dan Kamis. Ternyata libur diperpanjang sampai hari Jumat.
Setelah salat jumat di KBRI, kami memulai petualangan keliling kota Paris. Tempat pertama yang kami tuju adalah menara eiffel. Disini kami hanya melihat-lihat menara Eiffel dari bawah, disebabkan antrian menara eiffel yang sangat panjaaaang kala itu.

Hari pertama pun berakhir hanya dengan mengunjungi satu objek wisata. Malamnya, kami nginep gratisan di kostan Mas Aditya T, senior kami yang sekarang kuliah di Paris.
Perjalanan hari kedua dimulai dengan melihat-lihat area Notre Dame. Melihat arsitektur khas prancis serta taman-taman disekitarnya. Disini kami juga bermain dengan merpati-merpati.

Satu hal yang terlewat dari kunjungan kami ke Notre Dame adalah kami tidak berhasil menemukan point zero alias titik nol kota Paris. Konon katanya, kota paris di mulai dari situ. Menurut Madam Sri, guru les bhs Prancis di CCF Wijaya, point zero terletak di deket Notre Dame. Biasanya orang-orang berdiri di atas point zero tersebut dan kemudian berfoto ria.

Akhirnya kami hanya menelusuri sungai, melihat-lihat kapal dan seniman jalanan. Saat tiba di Musee de Luvre, kami lagi-lagi hanya mengamati arstiektur dan taman sekitar. Selain hemat tiket, kami juga melihat antrian panjang bak ular. Membuat malas ikut ngantri. Tak lupa kami berfoto ria di depan pyramid. Yang konon menurut novel da vinci code, di bawah pyramid tersebut...

Dari Musée du Louvre kami melanjutkan perjalanan menuju Arc De Triomphe. Sepanjang perjalanan, kami melewati banyak taman.

Juga ada Place de la Concorde. Nampaknya merupakan replika obeliks, tribute for arkeologi prancis yang pernah menelitinya. Setelah Place de la Concorde, kami menyusuri Aero Expo sepanjang perjalanan. Nampaknya sedang diadakan pameran dirgantara memperingati 100 tahun industri dirgantara prancis. Di hadirkan berbagai model dan replika dari industri dirgantara, baik untuk keperluan sipil maupun militer.

Tibalah kami di Arc De Triomphe. Ternyata dari Musée du Louvre sampai Arc De Triomphe tuh jauh juga. Lain kali lebih baik naik metro.

Setelah puas melihat-lihat di Arc de Triomphe, kami memutuskan untuk istirahat dan salat di La Grande Mosquée de Paris. Kami menggunakan metro untuk menuju kesana. Saat keluar dari halte metro, kami melewati Jardin de Plantes terlebih dahulu sebelum sampai di mesjid. Jardan de Plantes merupakan botanical garden di Paris. Cukup indah melihat aneka tanaman dengan bunga-bunganya.

Di La Grande Mosquée de Paris kami salat dan beristirahat. Lalu kami menikmati arsitektur mesjid yang dibuat khas maroko.

Perjalanan kemudian dilanjutkan untuk melihat menara Eiffel di malam hari. Yups, terang-benderang dengan tema warna biru dan bintang kala itu.

Hari ketiga dimulai dengan tujuan utama naik ke menera Eiffel. Kami datang cukup pagi, sehingga antrian belum panjang. Namun sayang, kondisi angin yang kencang membuat kami hanya sampai ke bagian tengah menara. Akses ke puncak menara ditutup kala itu.
Last but not least ada satu objek yang ingin ku kunjung yakni Museum Curie. Ketika sampai, ternyata museum sedang tutup. Akhirnya perjalanan 3 hari 2 malam di Paris berakhir. Dengan menyisakan beberapa rasa penasaran: Museum Curie, Puncak Eiffel, Point Zero. Next time maybe...

1. wah seru tuh.. gak pergi ke miniatur city?

2. Miniatur city? Dimana ya? Wah saya baru tau..

3. wah iya wek..asik banget tuh..liat foto2nya..ditunggu kabar jalan2nya lagi ya...

4. weko...
    beruntung sekali dirimu teman...
    sudah melihat dunia...
    jadi pengen melihat dunia yang begitu luasnya...
    doakan saya ya....semoga suatu saat nanti punya kesempatan tuk menapaki dunia juga...

Please feel free to leave your comment. Do not include violence, adult content, spam message, racism in the comment. The comments will be soon published after the author of this blog makes the moderation. Thank you in advance for visiting this blog. Best regards from the author.