Sunday, November 23, 2008

Trip To France










10 September 2008, tibalah waktunya untuk brangkat kuliah di Prancis. Suasana cukup mengharukan ketika harus berpisah dengan keluarga, saat menju ke boarding pas Bandara Soekarno-Hatta. Sebelum bisa duduk santai di pesawat, prosedur-prosedur seperti nukar tiket, timbang koper, ngurus fiskal, imigrasi dll. Tak lupa berdoa sebelum berangkat, pesawat pun akhirnya brangkat pada pukul 14:15.









Selama di pesawat, foto sana-sini menjadi salah satu agenda. Maklum, saya bersama temen satu program MaMaSELF yang brangkat berbarengan, rada-rada katrok. Tapi hal yang dinanti-nanti selama perjalanan adalah menunggu waktu buka puasa. Berhubung pesawat pergi searah terbenamanya matahari, waktu maghrib pun tak kunjung tiba. Lain kali, sebaiknya tidak shaum ketika sedang perjalanan. Tak lupa selama perjalanan, menonton film-film gratisan di pesawat. Maklum jarang banget ke Bioskop dan sudah meninggaklan kehidupan download bioskop gratisan di kampus. Iron man dan Kung Fu Panda menjadi film pilihan utk ditonton. Iron man ternyata gak rame. Kalau Kung Fu Panda ok punya dan kocak.










Akhirnya tiba juga di bandara Abu Dhabi. Perasaan deg-degan muncul ketika hendak turun landas, Alhamdulillah lancar. Transit selama sekitar 6 jam, digunakan untuk keliling-bandara. Makin malam, ternyata bandara makin penuh.










Setelah waktu transit selesai, perjalanan pun dilanjutkan dengan penerbangan ke Paris. Setibanya di Paris, segera dicari kereta TGV ke Rennes. Saya dan temen saya pun merasa cukup kelimpangan, mencari informasi. Maklum orang-orang yang kami tanyakan, sulit berbahasa Inggris. Tapi akhirnya di bandara, kami bisa memsan tiket TGV ke Rennes.









Hal pertama yang terlintas, ketika kereta TGV datang adalah foto-foto!!









Walaupun melelahkan, Alhamdulillah perjalanan dari Jakarta ke Rennes berjalan cukup lancar.

4 comments:

  1. Assalamu'alaikum..
    btw skrg lg dimana?
    soalnya rencana saya jg akan berangkat ke rennes tgl 1 sept. sendiri dan belum fasih bhsa france.. mohon petunjuknya.
    my email drn.rian@gmail.com.

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam

    Sekarang saya sdh di Munich. Kalau inging kontak dengan temen2 yg msh di rennes dan di prancis. Bisa gabung milis PPI-Rennes ( ppi-rennes@yahoogroups.com )dan PPI-Prancis ( ppiprancis@yahoogroups.com ).

    Blm fasih berarti sdh bisa bhs Prancis kan? Susah2 gampang kalau gak bisa bhs prancis kalau di rennes. Karena kota kecil, beda dgn di paris.

    Nanti ke rennes, penerbangan murah biasanya Etihad, Qatar atau SingAir. Nanti dari bandara CDG melanjutkan naik TGV ke rennes.

    Sukses deh ya di Rennes. Kalau ada apa2 bisa tanya lagi atau ke milis nanti mungkin bisa lbh lengkap.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum..
    wah trima kasih byk udah balas, cepet lg :)
    mo tanya apakah dgn 700euro/month udah cukup atau malah bisa nabung??
    saya hanya bisa percakapan dasar dan blum lancar.
    trima kasih jg udah memberi milis temen2 yg ada di rennes. sgt membantu.
    mudah2an saudara Weko diberi kemudahan oleh Allah, Amin

    ReplyDelete
  4. 700 euro / month cukup untuk biaya hidup. Masalah bisa nabung atau tdk tergantung lifestyle-nya. Kalau hidup hemat seperti masak sendiri, Insya Allah bisa nabung..

    Nanti temen2 di rennes yg bakal bisa lebih jelas memberi info aktual ttg rennes.

    Ada jg blog PPI Rennes: http://ppirennes.wordpress.com

    ReplyDelete

Please feel free to leave your comment. Do not include violence, adult content, spam message, racism in the comment. The comments will be soon published after the author of this blog makes the moderation. Thank you in advance for visiting this blog. Best regards from the author.