Sunday, February 3, 2008

Hanamichi Sakuragi


Inilah salah satu childhood film yang cukup berkesan. Anime ini menceritakan tentang perjalanan klub basket Shohoku, sebuah klub basket SMU di Jepang. Yang menjadi tokoh utama nampaknya adalah seseorang siswa SMA bernama Hanamichi Sakuragi menjadi seorang pemain basket di sekolahnya. Sikap “pantang menyerah” dan tindakan-tindakan kocaknya memberi kesan tersendiri pada anime ini. Tokoh ini memang memberi inspirasi untuk selalu pantang menyerah, tegar dan kerja keras dalam menggapai cita-cita.

Uniknya anime ini bukan hanya pada alur ceritanya tetapi juga pada kisah nyata yang menjadi salah satu inspirasi film ini. Hanamichi Sakuragi merupakan tokoh nyata, beliau lahir di Jepang pada tahun 1968. Ia dibesarkan dalam keluarga buruh dimana ibunya meninggal pada usia usia muda. Tanpa kasih sayang ibunya, Hanamichi tumbuh menjadi anak berandal yang suka menyelesaikan masalah dengan jalan kekerasan.

Pada usia 12 tahun, Hanamichi tumbuh menjadi anak tinggi dengan tinggi badan 1.75 meter. Suatu ketika, ia terlibat tawuran di kawasan olahraga di University of Tokyo. Kemampuan fisiknya ketika tawuran ternyata menarik perhatian sang pelatih tim basket. Kemudian Hanamichi ditawari bergabung dengan tim basket.

Dalam sebuah latih tanding dengan tim nasional Jepang. Hanamichi yang ketika itu berusia 17 tahun, menunjukan sebuah permainan unik dan impresif. Walaupun timnya tersebut kalah telak, ia mendapat julukan "The Hope of the Japanese Basketball".

Setahun kemudian, ayahnya jatuh sakit. Kepergian untuk menjenguk sang ayah menjadi kepergian terakhirnya. Ia mengalami kecelakaan tertabrak mobil ketika hendak melintasi jalan di depan rumah sakit. Kepergiannya di usia yang muda menjadi kehilangan yang besar bagi dunia basket Jepang.

Kisah nyata ini menjadi inspirasi bagi penulis Takehiko Inoue yang membuat serial manga dan kemudian anime-nya dengan judul " Slam Dunk".

Note: Setelah di cek, ternyata hoax. Orang yg digambar ternyata adalah seorang musisi jepang yg wajahnya mirip, bernama Yoshiki. Gak ada basket2an... Hahaha, ketipu nih.. untung ada yg mengingatkan. Thx ya..

8 comments:

  1. beuh..baru tau klo Sakuragi tuh ada tokoh nyatanya. Nice post Wacko! Yah..gak heran sih, tokoh yg berprestasi ato fenomenal cenderung dikenang/diabadikan/dilestarikan.

    ReplyDelete
  2. ikhhh....pengen DVD barunya SLAM DUNK duonk...yang pertandingan Nasional..dah nyari kemana-mana gag ada.klo tau tempatnya yang di sekitar bandung krim e-mail ke dedewLuv_mpy12@yahoo.com yah.....

    ReplyDelete
  3. gue ngga nyangka juga kalo karakter " red tensai " ini benar-benar ada!
    ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,bahwa background seseorang yang kurang beruntung dimasa lalunya belum tentu berlanjut kemasa depannya.
    good job Wacko!!!!!!

    ReplyDelete
  4. Sepertinya beliau bukan hanamichi sakuragi.
    sy baca di situs lain bahwa yang ada di foto itu adalah seorang musisi dari jepang. jadi Hanamichi sakuragi sepertinya murni dari Inoue..

    ReplyDelete
  5. Dear all,

    Yups ternyata hoax.. untung di ingatkan oleh Mr Phyto. Setelah mengecek lebih seksama, ternyata seorang musisi bernama Yoshiki.

    ReplyDelete
  6. Oh ya, setahu saya untuk pertandingan nasional tim shohok tdk dibuat anime-nya. Tetapi ada dalam bentuk manga. Lebih lengkap bisa dicek di wikipedia.

    ReplyDelete
  7. waw .. thx bgd yaa ..

    gw ga nyangka qlo nii tokoh bnr" ada ..

    soalnya gw suka bgd ama nii karakter ini ..

    nice job ...

    ReplyDelete

Please feel free to leave your comment. Do not include violence, adult content, spam message, racism in the comment. The comments will be soon published after the author of this blog makes the moderation. Thank you in advance for visiting this blog. Best regards from the author.